PTK MATEMATIKA SMP METODE NHT

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 1 KOTA LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019



BAB I

PENDAHULUAN 

A.       LATAR BELAKANG MASALAH
Suatu bangsa akan maju jika pendidikan diperhatikan dengan baik, upaya peningkatan pendidikan harus diawali dengan penataan terlebih dahulu. Dengan peningkatan pendidikan diharapkan harkat dan martabat bangsa menjadi lebih baik dan lebih dihargai bangsa lain. Untuk mencapai itu pendidikan harus dapat mengikuti perubahan zaman.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia tidak pernah berhenti. Berbagai terobosan baru terus dilakukan oleh pemerintah melalui Depdiknas. Upaya itu antara lain dalam pengelolaan sekolah, peningkatan sumber daya tenaga pendidikan, pengembangan/penulisan materi ajar, serta pengembangan paradigma baru dengan metodologi pengajaran.
Mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar dengan menggunakan metode diskusi.
Apa yang menjadikan belajar aktif? Agar belajar menjadi aktif, siswa harus mengerjakan banyak sekali tugas. Mereka harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat, dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about and thinking aloud).
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan hanya itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan.
Dalam pengamatan setiap evaluasi hasil belajar yang berhubungan dengan Matematika mikro danmakro pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 dari 29 siswa yang mencapai daya serap pelajaran 75% ke atas hanya 6 (20,68%) siswa, untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran tentang Himpunan Matematika, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Setelah melakukan diskusi bersama guru-guru SMP Negeri 1 Kota Ternate, yang menjadi penyebab kesulitan siswa dalam menerima dan menyerap pelajaran antara lain:
1.         Penggunaan metode pembelajaran yang tidak sesuai
2.         Penggunaan media pembelajaran yang kurang.
Melihat dari masalah di atas maka dicarilah cara pemecahan masalah yaitu dengan mengefektifkan penggunaan metode diskusi guna mningkatkan interaksi siswa. Siswa diharapkan menjadi lebih aktif dan mudah menyerap pelajaran yang dianjurkan.
Permasalahan yang sering ditemui di Sekolah Menengah Pertama adalah ketidak aktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Matematika. Siswa hanya sekedar mengikuti pelajaran Matematika yang diajarkan guru di dalam kelas, yaitu hanya mendengarkan guru ceramah dan mengerjakan soal yang diberikan oleh guru tanpa adanya respon, kritik dan pertanyaan dari siswa kepada guru sebagai umpan balik dalam kegiatan belajar mengajar. Demikian juga dengan guru, yang hanya mengajar dengan cara ceramah dan pemberian soal. Jika permasalahan tersebut berlangsung terus menerus maka akan mengakibatkan aktivitas siswa dan kreatifitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar terhambat. Hal ini juga akan berdampak pada hasil belajar siswa yang menurun, dan tidak sesuai dengan nilai kriteria ketuntasan minimal.
Maka dari itu, dibutuhkan salah satu cara untuk mengatasi masalah diatas, yaitu memantau dan memperhatikan aktifitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga permasalahan yang dihadapi siswa bisa terdeteksi oleh guru, karena hal ini akan berpengaruh pada hasil belajar Matematika yang diperoleh siswa. Model pembelajaran kooperatif merupakan strategi belajar yang menuntut keaktifan siswa dalam kelompok dan memungkinkan siswa saling membantu dalam memahami konsep, memeriksa dan memperbaiki jawaban teman sebagai masukan yang bertujuan untuk mencapai hasil belajar yang lebih optimal.
Dalam kegiatan belajar mengajar Matematika, dalam karya tulis ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk dapat mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru. Siswa dituntut aktif , bekerja sama, bertukar pendapat, berbagi ide dengan anggota yang lain dalam kelompoknya dan merespon apa yang diajarkan guru. Sehingga aktifitas belajar siswa dapat diamati oleh guru.

B.       PERMASALAHAN PENELITIAN
Berdasarkan observasi dalam proses pembelajaran Matematika di kelas VII-B SMP Negeri 1 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2018/2019 terdapat beberapa kelemahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa dan dari hasil diagnosis, maka ditemukan kelemahan-kelemahan yaitu :
1.         Siswa ramai pada saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga siswa tidak fokus pada materi yang disampaikan.
2.         Siswa  kurang  tertarik  dalam  mengikuti  proses  pembelajaran,  karena dalam penyampaian materi guru menggunakan metode  ceramah.
3.         Siswa kurang berpartisipasi pada saat proses pembelajaran berlangsung.
4.         Rasa percaya diri siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru masih kurang.
5.         Nilai siswa rendah
Dalam beberapa masalah yang muncul dari hasil observasi perlu diadakan sebuah perubahan tindakan dalam proses pembelajaran yang berlangsung selama ini agar masalah yang muncul dapat terpecahkan.
C.       CARA PEMECAHAN MASALAH
Berdasarkan masalah yang muncul maka dapat dipecahkan dengan cara menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada materi Himpunan Matematika pada Mata Pelajaran Matematika siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2018/2019 .

D.      RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan identifikasi masalah dan latar belakang dapat dikemukakan perumusan masalah yaitu, Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together pada materi Himpunan Matematika Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Kota Ternate?

E.       TUJUAN  PENELITIAN
Untuk meningkatan Hasil Belajar pada mata pelajaran Matematika materi Himpunan dengan metode Pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Kota Ternate.

F.        MANFAAT  PENELITIAN
Manfaat yang ingin diperoleh dari penelitian ini adalah:
1.      Bagi Siswa
Siswa dapat terbiasa untuk belajar aktif diantaranya dalam mengajukan beberapa pertanyaan dan dapat menjawab dengan baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
2.      Bagi Guru
Memberikan informasi untuk menyelenggarakan pembelajaran aktif dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).
3.      Bagi Sekolah
Dengan adanya metode-metode pembelajaran yang baik dan inovatif maka dapat mewujudkan siswa yang cerdas serta berprestasi yang diharapkan mampu mengaplikasikan di lingkungan sekitar dan membawa nama baik sekolah

File lengkap silahkan klik tombol download di bawah ini


0 Response to "PTK MATEMATIKA SMP METODE NHT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel