PTK PKN SD METODE SOSIODRAMA



PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI KEBERAGAMAN EKONOMI DI KELAS VI SD NEGERI BANARAN 1 BEKASI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
BAB I
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang Masalah
Sistem pendidikan nasional yang menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relefansi dan efisien menejemen pendidikan. Hal tersebut untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan jaman, perubahan lokal, nasional dan global, maka perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan.
Dalam arti yang terbatas, pendidikan merupakan salah satu proses interaksi belajar mengajar dalam bentuk formal yang dikenal sebagai pengajaran (instructional). Dalam konteks ini guru berperan, bertugas dan bertanggungjawab serta sebagai penilai. Syamsudin Abin (2004:56) menyatakan bahwa guru sebagai penilai (evaluator) yang harus menyimpulkan menganalisis, menafsirkan dan akhirnya harus memberikan pertimbangan atau (judgement) atas tingkat keberhasilan pembelajaran tersebut, berdasarkan kriteria yang ditetapkan, baik mengenai aspek keefektifan prosesnya maupun produk kelulusannya.
Guru sebagai salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran yang dituntut untuk memiliki kemampuan yang layak untuk menginterpretasikan makna yang tersurat maupun yang tersirat dalam kurikulum. Disamping itu seorang guru juga harus menguasai materi pembelajaran dan mempu menyajikan secara tepat, sehingga materi


pembelajaran dapat dipahami oleh siswa dan hasil belajarnya sesuai dengan yang diharapkan.
Guru sebagai tenaga profesional tidak hanya dituntut menguasai materi pembelajaran, mampu menyajikan secara tepat, tetapi juga dituntut mampu menilai kinerjanya sendiri. Kemampuan tersebut akan terlihat bagi guru yang menyadari bahwa dalam pembelajaran masih ada banyak kekurangan dan kelemahan. Untuk mengetahui permasalahan tersebut maka guru perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

B.       Identifikasi Masalah
Selama ini hasil yang dicapai oleh siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dirasakan kurang sehingga perlu inisiatif untuk mengangkat hasil pembelajaran. Seperti pada temuan di lapangan tempat peneliti mengajar, menunjukkan adanya kesenjangan antara kondisi yang ada dengan kondisi yang kita harapkan. Pada studi pendahuluan bidang studi pendidikan Kewarganegaraan materi ”Keberagaman Ekonomi”, menunjukkan daya kritis siswa rendah dalam memahami materi. Dari siswa kelas VI yang berjumlah 32 anak, hanya 9 anak yang mendapat nilai 75 keatas. Artinya hanya 28,13% siswa yang mencapai ketuntasan belajar (sesuai KKM yaitu 75).
Hasil kegiatan studi pendahuluan pembelajaran PKn di kelas VI SD Negeri Banaran 1 Bekasi dengan materi pokok Keberagaman Ekonomi dapat dilaporkan sebagai berikut :
Tabel 1.1
studi pendahuluan pembelajaran PKn di kelas VI SD Negeri Banaran 1 Bekasi dengan materi pokok Keberagaman Ekonomi
No
Nama Siswa
Studi Awal (Nilai)

Ket
Tuntas
Belum Tuntas
1.
Abdul Ghoni
55
-
v

2.
Abdul Rahman
55
-
v

3.
Agus Suprianto
65
-
v

4.
Amelia Maaruf
65
-
v

5.
Andri Setiaone
65
-
v

6.
Anggi Putri Lestari
75
v
-

7.
Choeru Sholeh
65
-
v

8.
Darmayani
75
v
-

9.
Diana Cintami Putri
70
-
v

10.
Diara Tirta S.
65
-
v

11.
Dzidan Ramadhan
55
-
v

12.
Emah Sintia
80
v
-

13.
Faizal Aryandi
70
-
v

14.
Farid Ramadhan
75
v
-

15.
Indriana Purgataria
55
-
v

16.
Khoirun Nisa
65
-
v

17.
M. Alan Syach
55
-
v

18.
Muhammad Al Fathir
75
v
-

19.
Muhammad Alif
70
-
v

20.
M. Bagas Al G.
65
-
V

21.
Nayla Alfia Syahwa
60
-
V

22.
Nur Azijah Aprianti
75
v
-

23.
Putri Lestari
70
-
v

24.
Renaldi Panca Yuda
70
-
v

25.
Ridho Khoiri F.
50
-
V

26.
Ripaz Pajarulloh
60
-
V

27.
Salsabilla Oktasilvani
75
v
-

28.
Sari Sofiah
70
-
V

29.
Silvina Aprilia
65
-
V

30.
Sinta Amalia
60
-
V

31.
Suci Ramadhani
80
v
-

32.
Tari Utami
80
v
-

Jumlah
2135



Rata-rata
66,71



Jumlah Ketuntasan
9



Jumlah Belum Tuntas
23



Persentase Tuntas
28,13%



Persentase Belum Tuntas
71,87%




Berdasarkan hal tersebut di atas peneliti meminta bantuan teman sejawat dan suprvisor untuk membantu mengidentifikasi masalah dalam proses pembelajaran. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah sebagai berikut :
1.      Siswa kurang kritis dalam memahami materi pelajaran yang berhubungan dengan materi keberagaman ekonomi.
2.      Siswa kurang menguasai materi mengenai keberagaman ekonomi.
3.      Keaktifan siswa dalam belajar rendah.
Dari hasil identifikasi di atas, maka peneliti berupaya untuk menganalisis permasalahan yang ada, sehubungan dengan masalah tersebut.
Oleh karena itu dengan dibantu teman sejawat menganalisis apa yang menjadi faktor penyebab timbulnya permasalahan tersebut, antara lain :
1.      Metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan perkembangan siswa.
2.      Guru tidak menggunakan alat bantu yang membangkitkan kreatifitas belajar siswa.
3.      Guru dalam menjelaskan sulit dipahami siswa.
4.      Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa, mencatat hal-hal yang penting.
5.      Guru dalam menjelaskan terlalu cepat.
6.      Guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan uraian analisis di atas, maka peneliti sebagai guru yang sudah lama mendidik siswa siswinya merasa terpanggil untuk berusaha memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukannya. Karena jika permasalahan ini tidak cepat diselesaikan dengan baik, dimungkinkan akan berakibat lebih buruk lagi dan akan menurunkan hasil belajar siswa, dan tentunya prestasi guru dan sekolah.
Langkah yang peneliti anggap tepat dalam perbaikan pembelajaran akan dilakukan dengan metode sosiodrama. Diharapkan dengan pembelajaran menggunakan sosiodrama siswa akan lebih aktif terlibat dalam materi yang diajarkan. Sehingga diharapkan akan meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran PKn. Sedangkan upaya yang dianggap tepat dalam melakukan perbaikan pembelajaran adalah dengan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan metode sosiodrama.



C.        Pembatasan Masalah
Dari identifikasi masalah yang terpapar di atas diperoleh gambaran dimensi permasalahan yang begitu luas. Namun menyadari adanya keterbatasan waktu dan kemampuan, maka penulis memandang perlu memberi batasan masalah secara jelas dan terfokus.
Selanjutnya masalah yang menjadi obyek penelitian dibatasi hanya pada:
1.      Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sosiodrama.
2.      Materi dalam penelitian ini adalah terfokus pada kompetensi dasar keberagaman ekonomi di kelas VI.
3.      Siswa yang dijadikan obyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Banaran 1 Bekasi.

D.        Perumusan Masalah
Berdasarkan analisis dan permasalahan tesebut di atas, maka peneliti merumuskan masalahnya adalah sebagai berikut :
  1. Apakah penggunaan metode sosiodrama akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi Keberagaman Ekonomi”?
  2. Apakah penggunaan metode sosiodrama akan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar PKn materi ”Keberagaman Ekonomi”?



E.         Tujuan Penelitian
Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah :
  1. Tujuan Khusus
a.       Untuk menganalisis seberapa besar dampak penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran PKn materi ”Keberagaman Ekonomi” terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
b.      Untuk menganalisis seberapa besar dampak penggunaan metode sosiodrama terhadap keaktifan siswa dalam belajar PKn materi ”Keberagaman Ekonomi”.
  1. Tujuan Umum
a.       Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya.

F.         Kegunaan/Manfaat Penelitian
1.      Bagi siswa, diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif akan menumbuhkan kreatifitas dari siswa dalam mengaktualisasikan semua materi lebih optimal.
2.      Bagi guru, diharapkan dapat memberikan masukan dan menambah wawasan bagi guru sehingga dapat meningkatkan pengelolaan pembelajaran dengan memberdayakan siswa yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.
3.      Bagi sekolah, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang cukup besar kepada sekolah, khususnya dalam meningkatkan kompetensi lulusan.


 Jika ingin mendapatkan file secara lengkap, silahkan klik tombol berikut:

0 Response to "PTK PKN SD METODE SOSIODRAMA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel