PTK SMA BAHASA INGGRIS METODE ROLE PLAY

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA BERBICARA BAHASA INGGRIS MATERI OFFERS AND SUGGESTIONS MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 ..... TAHUN PELAJARAN 2018/2019



ABSTRAK

Kata Kunci : Berbicara, Kemampuan Siswa, Metode Role Playing.
Adanya temuan rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris mengungkapkan Offers and Suggestions di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 ....., hal tersebut menjadi dasar bagi peneliti untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas.
Melalui hasil diskusi kami dengan guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Serui untuk menangani kesulitan siswa di atas, maka penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakanmetode Role Playing.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk(a) mengetahui efektifitas metode Role Playing dalam meningkatkan kemampuan siswa (b) mengetahui proses peningkatan motivasi siswa (c) mengetahui besarnya peningkatan kemampuan siswa di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 ..... Tahun Pelajaran 2018/2019, sebelum dan setelah menggunakan metode Role Playing.
Penelitian ini juga menggunakan tindakan kelas (Action Research) dengan 2 siklus, dan setiap siklusnya melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh berupa lembar kerja siswa, lembar observasi siswa dan guru, lembar motivasi serta nilai hasil pembelajaran. Sasaran penelitian adalah kelas XI IPA 1 SMA ..... 1 Serui Tahun Pelajaran 2018/2019.
Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar (ketuntasan) siswa pada siklus I sebesar 55,26% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 100%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing sangat tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran mengungkapkan offers and Suggestions. Metode ini dapat diterapkan selain untuk pembelajaran Bahasa Inggris, juga pada pembelajaran mata pelajaran lainnya.

0 Response to "PTK SMA BAHASA INGGRIS METODE ROLE PLAY"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel